Kreativitas Mahasiswa


Untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar, peningkatan penghayatan norma dan etika akademik, pengembangan kemampuan berkomunikasi secara tertulis dan berbobot ilmiah dan perluasan kesempatan penelitian bagi mahasiswa, YPP. Latief Foundation Korda Demak melakukan pembinaan pengembangan penalaran mahasiswa melalui program-program Forum Akademik dan Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa.

Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM)

Kegiatan LKIM merupakan kegiatan nasional tahunan yang diselenggarakan Direktorat Kemahsiswaan, Departemen Pendidikan Nasional. Kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan, telah dibakukan dan terjadwal dengan jelas. Kegiatan LKIM meliputi hal-hal berikut ini:
  • Lomba Karya Inovatif Produktif (LKIP)
  • Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)
  • Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), yang meliputi:
    • PKM Penelitian (PKMP)
    • PKM Penerapan Teknologi (PKMT)
    • PKM Kewirausahaan (PKMK)
    • PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM)
    • PKM Penulisan Ilmiah (PKMI)
Perbedaan kelima jenis kegiatan PKM tersebut membawan konsekuensi teknis pelaksanaan yang berlainan. Untuk PKM penerapan Teknologi (PKMT) , mahasiswa diwajibkan bertukar pikiran dengan pengusaha/pedagang kecil, koperasi atau kelompok produktif lainnya terlebih dahulu, sebelum menyusun proposal PKM. PKM Pengabdian pada Masyarakat (PKMM) menuntut ditetapkannya masyarakat sasaran strategis dan persoalannya sebelum menyususun proposal. PKM Kewirausahaan (PKMK) umumnya dihaului oleh survai pasar karena relevasinya yang tinggi terhadap terbukanya peluang perolehan profit bagi mahasiswa.
Proposal disusun oleh mahasiswa sesuai dengan format dan sistematika yang telah ditetapkan dan dikumpulkan ke Ditbinlitabmas Ditjen DIKTI setelah disahkan oleh Dosen Pembimbing, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Proposal akan dievaluasi oleh tim khusus yang dibentuk melalui Surat Keputusan Direktur Binlitabmas dan terdiri dari pakar perguruan tinggi, Tim tersebut sekaligus bertugas sebagai tim pemantauan dan evaluasi PKM.
Aktivitas mahasiswa dalam kegiatan LKIM memperoleh bimbingan dari dosen pembimbing yang terkait dengan bidangnya. Sebelum melaksanakan penelitian mahasiswa akan memperoleh pembekalan tentang metodologi penelitian, rancangan percobaan,, penulisan ilmiah, dan teknik presentasi.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasioal (Pimnas)

Kegiatan ini merupakan puncak di bidang perwujudan kreativitas mahasiswa dan penalaran ilmiah bagi seluruh mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia yang diselenggarakan setiap setahun sekali. Selain itu, juga merupakan salah satu bentuk peningkatan peran mahasiswa di Indonesia yang dilaksanakan secara bertahap, berjenjang, dan berkelanjutan. Kegiatan Pimnas diharapkan memupuk minat para mahasiswa untuk membuat karya-karya ilmiah yang dapat mengangkat citra perguruan tinggi maupun daerahnya. Materi kegiatan PIMNAS adalah sebagai berikut:
  • Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), meliputi: bidang ilmu, bidang teknologi, dan bidang seni.
  • Lomba Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), meliputi semua bidang PKM dan gelar produk dan posten hasil PKM.
  • Studium Generate
  • Seminar Nasional Sehari
  • Sarasehan
  • Pemeran Inovasi Teknologi, Telekomunikasi, dan Komputer berisikan kegiatan-kegiatan: Pameran Karya Ilmiah Mahasiswa, Pameran Produk Industri, Job Fair.
  • Jenis Perlombaan, yang akan diselenggarakan adalah: Business Game (B), Desai Web, Java Overland Varsities English Debate (JOVED), Lomba Poster non-PKM, Lomba Karikatur dan Fotografi, Pentas Seni dan Budaya, dan City Tour.

Seminar Akademik

Penyelenggaraan seminar akademik mahasiswa bertujuan untuk melatih mahasiswa berkarya dan berkomunikasi dalam suatu pertemuan ilmiah, baik dalam lingkup ilmu mahasiswa maupaun antarsisiplin ilmu. Pelaksanaan seminar dilakukan setiap tahun sekali oleh panitia pelaksana yang sekaligus berwenang menunjuk juri. Dengan forum ini diharapkan dapat muncul kelompok-kelompok peserta yang bisa ditingkatkan penelitiannya sehingga dapat diajukan pada Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa.
Materi seminar akademik dapat berupa usulan penelitian, hasil penelitian yang belum dipublikasikan, dan kreativitas asli mahasiswa. Isi tulisan dalam seminar akademik harus objektif, logis, dan sistematis.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar